Jumat 26 Jun 2020 16:28 WIB

Alquran-Hadits jadi Dasar Puisi Sufistik Jalaluddin Rumi

Jalaluddin Rumi melandasi puisi sufistiknya dengan Alquran dan hadits.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nashih Nashrullah
Jalaluddin Rumi melandasi puisi sufistiknya dengan Alquran dan hadits. Jalaluddin ar-Rumi (ilustrasi).
Foto: quantummethod.org
Jalaluddin Rumi melandasi puisi sufistiknya dengan Alquran dan hadits. Jalaluddin ar-Rumi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Upaya menggali pemikiran Maulana Jalaluddin Rumi seakan tiada habis, ada banyak aspek yang bisa digali dari sosok yang terkenal dengan bait-bait puisi indahnya tersebut.   

Penulis Daniel Thomas Dyer punya pandangan tentang hubungan Alquran, hadits dan Jalaluddin Rumi. Daniel memandang visi Rumi selalu berpatokan pada Alquran dan hadits hingga punya pemahaman luar biasa.

Baca Juga

Daniel meyakini Rumi memperoleh pencerahan dari Alquran dan hadits. Rumi dapat memahami apa yang terjadi di masa depan, masa sekarang dan masa lalu lewat pengertiannya akan Alquran dan hadits.

"Ketika kita tergoda amarah, benci, ketakutan maka apa yang menyelamatkan kita adalah kemampuan keluar dari momen itu sambil meluaskan perspektif dan referensi," kata Daniel dilansir dari Patheos pada Jumat (26/6).

Daniel menyebut kadang manusia tak bisa bertindak dari perspektif luas. Biasanya ego lebih menguasai diri manusia. Tapi ketika manusia bisa menarik visi lebih luas, maka manusia bisa menekan hasrat buruk.

Daniel menyebut manusia pantas keluar dari zona nyamannya agar menjadi lebih baik. Daniel merujuk kata ekstasi berasal dari bahasa Yunaniekstasis yang berarti keluar dari zona umum. "Jika kita bisa melangkah keluar dari zona nyaman manusia ini maka kita akan merasakan sesuatu yang luar biasa di luar nalar manusia," sebut Daniel.  

Dia menjelaskan serialisme menimbulkan kehebohan ketika Dunne pertama kali mengusulkannya pada 1930-an, tetapi segera diberhentikan dan dilupakan oleh komunitas filosofis. Banyak filsuf, menjadi ateis atau materialis, terganggu oleh implikasi mistiknya.

Beberapa mengaku telah menemukan kesalahan dalam logikanya. Yang lain, lebih terbuka pada mistis, mundur dari ide kemunduran yang tak terbatas, karena secara intuitif tampaknya tidak memiliki keanggunan, keindahan, dan kesederhanaan tertentu.

Tapi apa yang dikatakan Rumi? Serangkaian saksi tanpa akhir bukanlah gambaran yang pernah ia gunakan dalam pengajarannya, sejauh yang Daniel ketahui. Namun, dia menemukan garis seperti ini sebagaimana dinukilkan dari Divan-e Shams-e Tabrizi:

Setelah Anda mendapatkan sifat mementingkan diri sendiri,

Anda akan terseret dari ego Anda

dan terbebas dari banyak perangkap—

ayo, kembali ke akar dari akar Diri-mu. [2]

Setiap bait di ghazal tempat garis-garis ini muncul berakhir dengan pengulangan yang sama, 'kembalilah ke akar dari akar Diri Anda', yang mungkin dengan mudah dialihkan ke ‘kembali ke saksi saksi dari Diri Anda '.

Mungkin akan membesar-besarkannya untuk membaca regresi tanpa batas seperti Dunne dalam baris-baris Rumi ini, tetapi kita setidaknya dapat mengatakan bahwa, seperti Dunne, Rumi mengundang kita untuk mengambil langkah mundur ke sesuatu yang lebih dalam, dan keduanya mengundang kita dalam perjalanan menuju Diri yang secara paradoks melibatkan langkah keluar dari diri kita. 

Dan bagaimana dengan sumber inspirasi Rumi, Alquran? Jika kita diminta untuk meringkas, dalam beberapa kata singkat kita sendiri, apa yang harus dikatakan Alquran kepada kita, 'mundur dan melihat' mungkin bukan enkapsulasi yang buruk. Konsep ini sebagaimana merujuk pada surat Yasin ayat 66-67: 

وَلَوْ نَشَآءُ لَطَمَسْنَا عَلَىٰٓ أَعْيُنِهِمْ فَٱسْتَبَقُوا۟ ٱلصِّرَٰطَ فَأَنَّىٰ يُبْصِرُونَ

“Dan jikalau Kami menghendaki pastilah Kami hapuskan penglihatan mata mereka; lalu mereka berlomba-lomba (mencari) jalan, Maka betapakah mereka dapat melihat(nya).” 

 وَلَوْ نَشَآءُ لَمَسَخْنَٰهُمْ عَلَىٰ مَكَانَتِهِمْ فَمَا ٱسْتَطَٰعُوا۟ مُضِيًّا وَلَا يَرْجِعُونَ  

“Dan jikalau Kami menghendaki pastilah Kami ubah mereka di tempat mereka berada; maka mereka tidak sanggup berjalan lagi dan tidak (pula) sanggup kembali.” 

Jalan berbudi luhur selaras dengan persepsi dalam ayat pertama, sementara yang kedua mungkin dibaca sebagai membayangkan bagaimana rasanya bagi kita jika kita tidak dapat mengambil langkah untuk menggeser perspektif kita, tetapi sebaliknya, seperti tanaman, gerakan kita dibatasi.  

 

Sumber: https://www.patheos.com/blogs/livingtradition/2019/08/step-back-and-see/#_ftn2  

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement