Ahad 28 Jun 2020 17:26 WIB

Wisata Susur Sungai Favorit Warga Kotim

Wisata susur Sungai Mentaya di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur

Red: Agung Sasongko
Sungai Mentaya.
Foto: kotasampit.com/Noviaji Joko Priono
Sungai Mentaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKATA -- Selama pandemi COVID-19, wisata susur Sungai Mentaya di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, semakin diminati masyarakat. Sehingga berdampak positif terhadap pendapatan warga khususnya pengemudidan pemilik kelotok.

"Selama pandemi COVID-19 masyarakat yang berwisata menggunakan kelotok meningkat, terlebih setelah Lebaran Idul Fitri. Alhamdulillah ini cukup membantu bagi kami," kata Muhammad Agus Syahbani, pengemudi kelotok di Sampit, Sabtu (28/6).

Kelotok adalah sebutan bagi perahu bermotor yang terdapat di sungai-sungai Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan dengan mesin berbahan bakar diesel.

Rute wisata susur sungai dimulai dari Dermaga Habaring Hurung, biasanya menyusuri bantaran sungai sampai ke ujung landasan Bandara Haji Asan Sampit di Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang, kemudian berbalik menyeberang menyusuri bantaran Kecamatan Seranau menuju pabrik karet PT Sampit di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, kemudian kembali ke Dermaga Habaring Hurung.