Senin 29 Jun 2020 21:33 WIB

Uji Coba Pembukaan Objek Wisata Geliatkan Perekonomian Warga

Uji coba pembukaan objek wisata di Gunung Kidul geliatkan ekonomi warga

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pengunjung menikmati pemandangan Embung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Uji coba pembukaan objek wisata di Gunung Kidul geliatkan ekonomi warga. Ilustrasi.
Foto: Republika/ Wihdan
Pengunjung menikmati pemandangan Embung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Uji coba pembukaan objek wisata di Gunung Kidul geliatkan ekonomi warga. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL - Uji coba pembukaan empat destinasi wisata mampu menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada masa pandemi Covid-19. Empat destinasi wisata yang dilakukan uji coba pembukaan untuk umum dari Rabu (24/6) hingga Selasa (30/6) yakni Gua Kalisuci, Gunung Api Nglanggeran, Pantai Kukup, dan Pantai Baron.

"Meski baru satu pekan uji coba pembukaan empat destinasi wisata, tapi geliat mulai teras mulai dari jasa usaha pariwisata seperti rumah makan, toko suvenir, dan pusat oleh-oleh. Kami akan menjadikan ini sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi pembukaan objek wisata di Gunung Kidul," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono di Gunung Kidul, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan jumlah pengunjung dari hari pertama uji coba hingga Ahad (28/6) mencapai 11.154 wisatawan. Rinciannya, pengunjung di Pantai Baron dan Kukup sebanyak 10.100 wisatawan, Gunung Api Purba Nglanggeran sebanyak 1.045 wisatawan, dan Kalisuci sebanyak sembilan orang.

Puncak kunjungan uji coba terjadi pada Ahad (28/6) di mana tercatat 6.132 wisatawan mengunjungi Pantai Baron-Kukup. Pada hari yang sama terdapat 448 pengunjung di Nglanggeran. Sementara di Kalisuci puncak kunjungan terjadi pada 27 Juni dengan sembilan orang.