Rabu 01 Jul 2020 23:30 WIB

Positif Covid-19 di Kota Probolinggo Bertambah 16 Orang

Jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di Probolinggo menjadi 70 orang.

Red: Yudha Manggala P Putra
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO, JAWA TIMUR -- Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Probolinggo, Jawa Timur bertambah 16 orang dalam sehari. Penambahan tersebut menjadikan total kasus positif di wilayah tersebut menjadi 70 orang.

"Masih adanya masyarakat yang tidak menjalani protokol kesehatan membuat perkembangan pasien Covid-19 di Kota Probolinggo semakin meningkat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo dr Abraar H.S. Kuddah dalam konferensi video di Kota Probolinggo, Rabu (1/7).

Dia mengatakan kemungkinan ada kelalaian dari keluarga, tanpa protokol kesehatan membawa keluarganya yang sakit ke Kota Probolinggo, sehingga mereka semua terpapar Covid-19 dan mereka terkonfirmasi positif, meskipun tanpa gejala dan kondisinya baik-baik saja.

"Hal itu menjadi pelajaran, apabila ada keluarga dari luar kota yang sengaja dibawa ke Kota Probolinggo karena kepercayaannya pada RSUD dr Mohamad Saleh karena seharusnya tetap mengikuti prosedur kesehatan," katanya.