Jumat 03 Jul 2020 14:12 WIB

Erick Thohir: Ada Surprise dari Pak Jokowi Awal Tahun Depan

Erick menyebut Indonesia diproyeksikan menjadi lima besar ekonomi terkuat di dunia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Menteri BUMN, Erick Thohir
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri BUMN, Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan surprise atau kejutan. Hal ini disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat sedang memaparkan target dan rencana Indonesia pada 2045.

Erick menyebut Indonesia diproyeksikan menjadi negara dalam lima besar ekonomi terkuat dunia pada 2024. Hal ini tak lepas dari bonus demografi dan juga kekayaan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki.

Baca Juga

"2045 itu katanya kita jadi Top 4 atau 5 Country dalam arti ekonomi di dunia," ujar Erick dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Kingdom Business Community pada Kamis (2/7).

Erick menyampaikan sejumlah perubahan juga tentu akan terjadi pada 2045 yang meliputi pertumbuhan penduduk dunia mencapai 9,45 miliar orang (Asia 55 persen), urbanisasi dunia, peranan emerging economics, pedagangan internasional, kelas menengah, persaingan SDA, teknologi, perubahan iklim, dan perubahan geopolitik. Indonesia sendiri diproyeksikan memiliki populasi penduduk sebanyak 319 juta jiwa dengan usia harapan hidup hingga 75,5 tahun dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7 persen.