Jumat 03 Jul 2020 15:33 WIB

Anak Disabilitas Hadapi Kerentanan Ganda Saat Covid-19

KPPA nilai anak penyandang disabilitas terdampak pandemi Covid-19 secara serius.

Sejumlah penyandang disabilitas memiliki tantangan yang berbeda saat berhadapan dengan pandemi Covid-19.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penyandang disabilitas memiliki tantangan yang berbeda saat berhadapan dengan pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Ciput Eka Purwianti mengatakan anak penyandang disabilitas memiliki kerentanan ganda pada masa pandemi Covid-19. Salah satu penyebab kerentanan adalah terbatasnya akses informasi tentang Covid-19 bagi anak penyandang disabilitas.

"Anak penyandang disabilitas, pada masa pandemi Covid-19 yang dikategorikan sebagai bencana non-alam, mengalami kerentanan ganda sebagai anak dan penyandang disabilitas," kata Ciput dalam bincang media yang diadakan secara daring dan diikuti di Jakarta, Jumat (3/7).

Baca Juga

Ciput mengatakan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan anak dan penyandang disabilitas sebagai kelompok rentan yang perlu dilindungi. Beberapa permasalahan dialami anak penyandang disabilitas pada masa pandemi Covid-19, selain risiko tinggi paparan virus corona pada anak penyandang disabilitas berat yang memerlukan pendampingan.

"Anak penyandang disabilitas memiliki akses yang terbatas kepada informasi yang inklusif tentang Covid-19 sehingga cenderung tidak dapat mengikuti rekomendasi atau protokol pencegahan," tuturnya.

Selain risiko tertular Covid-19, pendidikan dan pelayanan anak penyandang disabilitas juga terdampak pandemi secara serius. Karena terputus aksesnya dari berbagai layanan publik seperti terapi, belanja, kegiatan sosial hingga pendidikan yang harus belajar dari rumah.

"Masalahnya, tidak semua sekolah luar biasa memiliki cukup sarana untuk melakukan pembelajaran daring maupun jarak jauh sehingga meniadakan proses pembelajaran," katanya. Sementara itu, akses platform pembelajaran secara daring juga menjadi kendala yang serius karena tidak semua anak penyandang disabilitas bisa mengaksesnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement