Sabtu 04 Jul 2020 15:05 WIB

BIN Kembali Deteksi Covid-19 di Bogor

BIN menyasar pedagang dan pengunjung di Pasar Ciawi.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Endro Yuwanto
Petugas kesehatan melaksanakan rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 sejumlah pedagang pasar (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Petugas kesehatan melaksanakan rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 sejumlah pedagang pasar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Badan Intelijen Negara (BIN) kembali menggelar rapid test di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk mendeteksi persebaran Covid-19. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, BIN menyasar pedagang dan pengunjung di Pasar Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BIN Brigadir Jenderal TNI Irwan Maulana mengatakan, uji itu merupakan instruksi dari Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. Irwan menyebut BIN dapat membantu mendeteksi dan memutus rantai persebaran Covid-19.

“Antusiasme masyarakat Ciawi cukup tinggi dan rapid test ini dilakukan memang di tempat-tempat konsentrasi masyarakat, salah satunya pasar,” kata Irwan di Pasar Ciawi, Sabtu (4/7).

Irwan menjelaskan, uji itu melibatkan sejumlah personel dari Satpol PP, polisi, dan TNI, mengarahkan pedagang dan warga menuju lokasi rapid test. Ia menegaskan, BIN akan terus mencari titik-titik episentrum di wilayah-wilayah yang menjadi zona persebaran Covid-19.