Rabu 08 Jul 2020 17:57 WIB

Surat Mohon Maaf dan Uang Konsumen yang Dikembalikan Ojol

Uang tersebut dikembalikan karena merasa tidak berhak.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Ojek online membawa penumpang (ilustrasi)
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ojek online membawa penumpang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Seorang sopir ojek daring/online (ojol) di Kota Tasikmalaya mengembalikan uang yang telah diterimanya dari seorang konsumen. Peristiwa itu viral setelah konsumen tersebut mengunggah foto uang yang dikembalikan sopir ojol bersama surat permintaan maafnya.

Peristiwa itu terjadi sekira sepekan lalu. Kejadian itu berawal ketika seorang sopir ojol bernama Ade Adfian Ahmad (47 tahun) mendapat pesanan untuk mengantarkan konsumen dari rumahnya di Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, ke kantornya di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. "Saya biasa keluar habis subuh. Keliling, tahu-tahu masuk orderan, tujuan penumpang saya lihat ke Singaparna, saya terima," kata dia, Rabu (8/7).

Baca Juga

Menurut dia, yang memesan ojek itu adalah laki-laki. Namun ketika dijemput ke rumah penumpang, yang naik adalah perempuan. Sejak dari awal naik, penumpangnya itu langsung memberi ongkos Rp 35 ribu, lebih dari tarif sebenarnya sebesar Rp 34 ribu.

Saking senangnya, uang itu langsung dimasukkan ke dalam dompet oleh Ade. Ia pun menggas motornya dan mengantarkan konsumen sampai tujuan dengan selamat.