Jumat 10 Jul 2020 15:57 WIB

Seberapa Ampuh Masker Tekan Risiko Penularan Covid-19?

Orang yang tak percaya pentingnya masker berarti abaikan bukti ilmiah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Warga dengan mengenakan masker beraktivitas saat hari pertama pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Pondok Indah Mall, Jakarta, Senin (15/6). Pemprov DKI Jakarta membuka kembali 80 pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Jakarta pada minggu ketiga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi  dengan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai anjuran
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga dengan mengenakan masker beraktivitas saat hari pertama pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Pondok Indah Mall, Jakarta, Senin (15/6). Pemprov DKI Jakarta membuka kembali 80 pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Jakarta pada minggu ketiga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dengan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai anjuran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan masker selama ini diketahui dapat melindungi orang lain dari risiko penularan Covid-19. Berbagai bukti ilmiah kini membuktikan bahwa masker juga dapat melindungi penggunanya dari risiko penularan Covid-19 dari orang lain.

Studi mengungkapkan bahwa penggunaan masker dapat menurunkan risiko penularan hingga 65 persen pada penggunanya. Perlindungan ini tak hanya diberikan masker N95 saja, tetapi masker biasa juga.

Baca Juga

"Kita mengetahui lebih banyak karena penelitian dan bukti ilmiah tambahan," jelas Kepala Departemen Penyakit Menular Anak di UC Davis Children's Hospital Dean Blumberg, seperti dilansir Fox News.

Seperti diketahui, metode penularan Covid-19 yang utama adalah melalui droplet penderita Covid-19. Percikan liur itu tak hanya bisa keluar ketika seseorang batuk atau bersin. Saat bernapas atau berbicara pun, orang bisa mengeluarkan droplet berukuran kecil, meski tak disadari.