Sabtu 11 Jul 2020 21:57 WIB

Turki selamatkan 57 pencari suaka di Laut Aegea

Pencari suaka mengaku didorong kembali oleh Penjaga Pantai Yunani ke perairan Turki.

Red: Budi Raharjo
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Mirac Kaya

BALIKESIR, Turki

Turki pada Kamis menyelamatkan 57 pencari suaka, termasuk wanita dan anak-anak, yang didorong kembali oleh pasukan Yunani ke perairan teritorial Turki.

Dalam operasi penyelamatan, Penjaga Pantai Turki menyelamatkan para pencari suaka, yang hendak menuju Pulau Lesbos, Yunani, di Laut Aegea, lepas pantai Ayvalik, Provinsi Balikesir.

Mereka berada di atas kapal karet yang didorong kembali ke perairan Turki oleh Penjaga Pantai Yunani, menurut sumber yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan berbicara kepada media.

Turki telah menjadi titik transit utama bagi para pencari suaka yang ingin menyeberang ke Eropa untuk memulai kehidupan baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan.

Karena lokasi geografis dan konflik di wilayah tetangga, Turki menjadi titik transit utama bagi para pencari suaka yang ingin menyeberang ke Eropa untuk memulai kehidupan baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan.

Awal tahun ini, Turki membuka gerbang bagi para migran gelap yang ingin menyeberang ke Eropa, menuding Uni Eropa gagal menepati janjinya di bawah kesepakatan migran 2016. 

Turki saat ini menampung hampir 4 juta warga Suriah, lebih banyak dari negara mana pun di dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement