Senin 13 Jul 2020 19:21 WIB

Rusia Rampungkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia

Rusia menyebut vaksin Covid-19 yang dikembangkannya memenuhi standar keamanan.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Uji klinis vaksin Covid-19 (ilustrasi). Rusia menyebut Sechenov University menjadi pertama di dunia yang berhasil merampungkan uji klinis vaksin Covid-19.
Foto: AP Photo/Rogelio V Solis
Uji klinis vaksin Covid-19 (ilustrasi). Rusia menyebut Sechenov University menjadi pertama di dunia yang berhasil merampungkan uji klinis vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Dunia telah berlomba untuk mencari vaksin yang efektif dan aman dalam melindungi orang-orang dari infeksi virus corona jenis baru (Covid-19). Sechenov University di Moskow, Rusia menjadi salah satu yang melakukan uji klinis vaksin dan menyelesaikannya.

Vadim Tarasov selaku direktur dari Institute for Translational Medicine and Biotechnology Rusia mengatakan, kelompok sukarelawan pertama yang berpartisipasi dalam penelitian ini sudah diperbolehkan pulang usai menjalankan tes pertama pada Rabu (15/7) dan kedua pada 20 Juli. Sechenov University melakukan uji coba pada kandidat vaksin yang diproduksi oleh Institut Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamalei.

Baca Juga

"Sechenov University telah berhasil menyelesaikan tes pada sukarelawan dari vaksin pertama dunia melawan Covid-19,” kata Tarasov, dilansir Times Now News, Senin (13/7).

Menurut Alexander Lukashev dari Institute of Medical Parasitology, Tropical and Vector-Borne Diseases di Sechenov University, tujuan dari tahap uji coba tersebut adalah untuk menguji keamanan vaksin untuk kesehatan manusia dan itu berhasil dilakukan. Ia mengatakan, keamanan vaksin telah dikonfirmasi, sesuai dengan standar keamanan vaksin lainnya yang saat ini ada di pasaran.