Selasa 14 Jul 2020 04:50 WIB

Pelapor PBB Yakin Pangeran MBS Terkait Pembunuhan Khashoggi

MBS dinilai punya peran dalam menghasut pembunuhan Khashoggi.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Jamal Khashoggi
Foto: Metafora Production via AP
Jamal Khashoggi

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Seorang pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa putra mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman (MBS) adalah tersangka utama dalam pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khasoggi di Istanbul, Turki 2018 lalu. MBS dituding memberi perintah dan menghasut pembunuhan itu.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency (AA), Pelapor Khusus PBB Agnes Callamard mengaku meski tidak memiliki bukti terhadap MBS, tetapi ia menilai MBS tersangka utama dalam hal memerintahkan orang dan menghasut.

"Begini, saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal menentukan siapa yang memerintahkan atau yang menghasut pembunuhan. Dia ada di gambar. Secara pribadi, saya tidak memiliki bukti yang mengarah kepadanya sebagai orang yang telah memerintahkan kejahatan," kata Callamard yang juga seorang pengacara hak asasi manusia yang terkenal seperti dikutip dari laman Hurriyet Daily News, Senin (13/7).

Menurutnya, bukti tidak langsung menunjukkan bahwa kejahatan seperti itu tidak mungkin terjadi tanpa kontribusi MBS. "Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun yang lalu, Badan Intelijen Pusat (CIA) mungkin memiliki informasi ini," ujarnya menambahkan.