Selasa 14 Jul 2020 10:58 WIB

Allah tidak akan Menurunkan Penyakit tanpa Obatnya

Setiap penyakit ada obatnya kecuali satu saja, kematian.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Allah tidak akan Menurunkan Penyakit tanpa Obatnya
Foto: Republika
Allah tidak akan Menurunkan Penyakit tanpa Obatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada manusia yang keluar dari ketetapan Allah. Telah menjadi ketetapan Allah SWT bahwa manusia pada suatu waktu akan tertimpa musibah atau penyakit. Ini juga yang membedakan manusia di hadapan Allah, yakni tingkat ketakwaan mereka.

Ahli Tafsir Alquran dan Ilmu Qiraat, KH. Ahsin Sakho Muhammad mengatakan penyakit di dalam Alquran disebutkan marobun. Penyakit sendiri terbagi dalam dua macam, penyakit hati dan penyakit jasmani.

Baca Juga

Penyakit ini juga pernah menimpa hidup seorang nabi, yakni Nabi Ayyub as. Penyakit yang bersarang pada raga Nabi Ayyub selama 18 tahun lamanya. Tidak ada bagian tubuh nabi Ayyub yang tidak sakit kecuali mulutnya yang senantiasa digunakan berzikir kepada Allah SWT. Setelah 18 tahun menerima penyakit tersebut dengan penuh rasa sabar, Nabi Ayyub kemudian memohon kepada Allah agar penyakitnya segera diangkat.

"Nabi Ayyub memohon pada Allah dengan mengucapkan 'Wa ayyuba 'idz naada rabbahu 'annii massaniiyaddhurru wa 'anta arhamurrohimin'," kata Ahsin melalui sambungan telepon, Rabu (8/7).