Rabu 15 Jul 2020 02:20 WIB

Penantian 14 Tahun Cadiz

Cadiz FC memastikan diri promosi ke La Liga musim depan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Didi Purwadi
Cadiz FC memastikan diri promosi ke La Liga musim depan.
Foto: instagram cadizclubdefutbol
Cadiz FC memastikan diri promosi ke La Liga musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampak ratusan orang berbaju kuning dengan mengibas-ngibaskan bendera di pinggir jalan di area Plaza de La Constitucion, Spanyol. Mereka bersorak-sorai gembira. Tiupan trompet dan pencetan klakson bersahut-sahutan. 

Mereka semua adalah sekelompok suporter Cadiz FC, merayakan timnya yang memastikan diri promosi ke La Liga musim depan. Meski pada jornada ke-40 Cadiz kalah 0-1 dari Fuenlabdara, tim ini dipastikan promosi setelah dua pesaing terdekatnya juga takluk dari lawannya masing-masing, yaitu Huesca kalah 0-1 dari Racing Santander dan Real Zaragoza takluk 2-4 dari Real Oviedo. 

Foto-foto dan video euforia suporter tersebar di berbagai media. Dikutip dari Lavozdigital, Senin (13/7), tak hanya di area Plaza de La Constitucion pesta digelar. Di berbagai tempat pesta berlangsung lebih meriah dengan menyalakan flare.

Prestasi Cadiz promosi ke La Liga musim depan adalah yang pertama kalinya sejak 2005. Namun, pada waktu itu, perjalanan Cadiz di kasta tertinggi sepak bola Spanyol hanya seumur jagung. Mereka bertahan satu musim saja, yaitu pada musim 2005/2006. Perjalanan Cadiz sejak kali terakhir promosi ke La Liga hingga sekarang ini dilalui dengan perjuangan. Mereka harus bertarung dari bawah dan naik kasta secara perlahan.