Kamis 16 Jul 2020 13:36 WIB

Rudal Terbaru China Diklaim Terunggul di Dunia

China pada akhir Juni lalu melakukan uji coba rudal di Alxa, Mongolia.

Red: Nora Azizah
China belum lama ini melakukan uji coba peluru kendali (rudal) yang ditembakkan dari udara ke darat berbasis helikopter terbarunya (Foto: ilustrasi rudal)
Foto: IRANIAN ARMY OFFICE
China belum lama ini melakukan uji coba peluru kendali (rudal) yang ditembakkan dari udara ke darat berbasis helikopter terbarunya (Foto: ilustrasi rudal)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- China belum lama ini melakukan uji coba peluru kendali (rudal) yang ditembakkan dari udara ke darat berbasis helikopter terbarunya. Para pengamat menilai rudal tersebut terunggul di dunia dalam hal jangkauan, akurasi, dan hulu ledak yang berdampak buruk bagi tank dan benteng pertahanan lawan.

Media resmi China melaporkan, Kamis (16/7), helikopter yang tidak disebutkan jenisnya itu melakukan uji coba penembakan rudal di tempat latihan di Alxa, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, pada 22 Juni lalu. Berdasarkan laporan China Aviation News, rudal tersebut menyerang sasaran dengan tepat yang menandai keberhasilan uji coba peluncuran pertama.

Baca Juga

Di seluruh dunia, rudal ini yang paling unggul, klaim media yang dikelola oleh Aviation Industry Corp of China (AVIC) itu. Sayangnya media tersebut tidak mengungkapkan desain atau kemampuan rudal tersebut.

Fu Qianshao, pengamat aviasi militer, berpendapat bahwa apa yang disebut dengan paling unggul di dunia itu adalah daya serang dari udara ke darat harus memiliki daya jelajah yang sangat panjang. Kemudian, sistem pengendaliannya canggih, akurat, dan berhulu ledak kuat sehingga bisa menembus lapisan baja tank yang sangat tebal.