Ahad 19 Jul 2020 09:22 WIB

Saat Utsman Dibunuh Pemberontak, Di Mana Para Sahabat?

Pemberontak mengepung rumah Utsman dan membunuhnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Saat Utsman Dibunuh Pemberontak, Di Mana Para Sahabat?. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Saat Utsman Dibunuh Pemberontak, Di Mana Para Sahabat?. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, Utsman bin Affan radhiyallahu anhu dibunuh oleh pemberontak. Terdapat beberapa pendapat terkait alasan mengapa Utsman Radhiyallahu Anhu sampai terbunuh.

Dikutip dari buku Inilah Faktanya karya Utsman bin Muhammad al-Khamis, Pendapat pertama, Utsman Radhiyallahu Anhu sendirilah yang memerintahkan mereka (sahabat) untuk tidak melakukan perlawanan. Ia memerintahkan mereka untuk menyarungkan pedang dan melarang mereka berperang. Ia berserah diri kepada qadha dan qadar Allah Azza wa Jalla.

Baca Juga

Apa yang dilakukan Utsman Radhiyallahu Anhu menunjukkan dua hal, Pertama, menunjukkan keberanian Utsman Radhiyallahu Anhu. Kedua, menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Ia mengerti bahwa para pemberontak itu adalah orang-orang Badui yang bodoh dan suka merusak. Menurut pandangannya, jika para Sahabat memerangi mereka, maka kerusakan yang ditimbulkan akan lebih besar dibanding dengan terbunuhnya satu orang saja. Bisa jadi malah menyebabkan terbunuhnya para Sahabat dalam jumlah besar.