Ahad 19 Jul 2020 21:26 WIB

4.015 warga ikuti Rapid Test Gratis Pemprov Sulsel

Dari 4.015 warga yang laksanakan rapid test, 154 di antaranya reaktif.

Red: Andi Nur Aminah
Rapid Test (Ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Rapid Test (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan menyelenggarakan pemeriksaan cepat atau rapid test gratis di dua tempat berbeda. Rapid test telah diikuti oleh 4.015 warga, dimana 154 di antaranya reaktif.

Koordinator Pelayanan Rapid Test Gratis Pemprov Sulsel, Husni Thamrin di Makassar, Ahad (19/7) mengatakan program ini hadir untuk menemukan warga yang kemungkinan terpapar Covid-19 untuk segera ditangani medis agar tidak menularkannya ke orang lain

Baca Juga

Dia mengatakan, pihaknya masih membuka layanan pemeriksaan. Namun sebelum itu, setiap warga harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website https://covid19.sulselprov.go.id/rapidgratis dengan mengisi data-data pribadi calon terperiksa.

"Pemprov Sulsel sendiri mematok 500 kuota perharinya. Pelayanan dilakukan Senin hingga Sabtu pukul 09.00 -16.00 WITA," katanya.

Hingga kini, pemeriksaan masih dipusatkan di dua tempat yakni di Gedung PKK dan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel. Masing-masing menyediakan dua loket untuk melayani masyarakat.

Tidak ada kerumunan orang. Prosesnya bahkan sangat mudah dan cepat. Bisa jadi solusi bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan terkait COVID-19 dan membutuhkan bukti surat keterangan bebas COVID-19," tambahnya.

Bagi yang reaktif juga langsung diberikan edukasi di tempat, disampaikan bagaimana bahayanya virus ini, memutus mata rantainya dan menghindari penularan ke orang lain. Termasuk pilihan apakah akan melakukan isolasi mandiri atau ikut program karantina yang diberikan Tim Gugus Covid-19 Sulsel melalui Program Duta Covid-19.

"Sebagian isolasi mandiri atau melapor di puskesmas setempat untuk dilakukan tracing dan testing lanjut, sebagian isolasi di hotel wisata duta Covid," ucap Husni.

Ati, salah seorang peserta rapidtestgratis Pemprov Sulsel yang hasil hasilnya non-reaktif dan mendapat surat bebas COVID-19 mengapresiasi langkah tes cepat gratis dari pemprov ini.

"Alhamdulillah karena ada program rapid tesgratis, kalo kemarin berangkat ke luar kota harus bayar, sekarang tidak, sisa ikuti itu alurnya," katanya.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement