Senin 20 Jul 2020 08:40 WIB

Olahraga di Masa Pandemi Covid-19 Hambat Penuaan Sel Tubuh

Olahraga tak hanya hambat sel penuaan namun juga meningkatkan imun tubuh

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warga berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (31/5/2020). Warga tetap berolahraga meski car free day (CFD) ditiadakan di tengah pandemi COVID-19
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Warga berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (31/5/2020). Warga tetap berolahraga meski car free day (CFD) ditiadakan di tengah pandemi COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Di masa pendemi Covid-19, kebutuhan menjaga kebugaran justru semakin penting, terlebih lagi orang cenderung lebih banyak diam di rumah.  Untuk itu, di masa new normal ini sudah saatnya bangkit melatih kebugaran fisik. 

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan dr Stephanie Theodora Sp.KFR mengatakan, menjaga kebugaran tubuh sangat penting di masa pandemi. Mengingat hingga saat ini vaksin untuk virus ini masih belum ditemukan. Bahkan, selain menjaga kebugaran, olahraga bermanfaat guna menjaga penuaan sel pada tubuh dan peningkatan imun.

 Kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal. Membutuhkan daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. “Bugar ini berarti masih memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan,” ungkap dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan dr Stephanie Theodora SpKFRdi sela webinar Health Talk Siloam Hospitals Balikpapan, Kamis (16/7). 

Menurut dr Stephanie, manfaat latihan fisik adalah mampu membuat kadar hormon stress menurun, endorfin atau hormon senang meningkat, aliran darah dan getah bening meningkatkan di semua tempat termasuk di jantung, otak, ginjal, dan lainnya sehingga secara langsung akan mempengaruhi kinerja metabolisme dalam tubuh.