REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Berbagai upaya dilakukan untuk menggairahkan sektor ekonomi daerah. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mulai mempromosikan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui media sosial Instagram pribadinya, Selasa (21/7). Hal ini dilakukan agar produk UMKM asal Kota Sukabumi bisa bangkit dan pemasarannya bisa meluas hingga luar daerah.
"Saya lakukan promosi produk di Instagram pribadi mulai Selasa ini untuk menggairahkan sektor UMKM," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di Balai Kota Sukabumi, Selasa (21/7).
Pada tahap awal, ada lima produk yang dipromosikan. Kelima produk ini mayoritas ialah produk makanan.
Pertama, Jasel Chocolate yang memproduksi berbagai macam produk olahan cokelat dan pastry serta ada Lekker Holland dan Brococis. Ada juga Warung Astri yang menawarkan roti goreng crispy.
Produk lainnya yakni Tteokbokki Dago menawarkan makanan korea dan awug/dodongkal Sukabumi yang merupakan jajanan tradisional dan kue-kue basah. Terakhir ayam GPS Sukabumi yang menawarkan olahan daging ayam.
"Karena jumlah yang daftar banyak 200 UKM lebih, mohon maaf jadi saya bagi-bagi postingannya," ujar Fahmi.
Upaya promosi ini diharapkan bisa menggairahkan perdagangan di masa pandemi. Ini juga diharapkan menjadi pengingat dan penyemangat bahwa penjual dan pedagang dipertemukan oleh promosi dan relasi.
"Sektor UMKM terkena dampak cukup besar dari pandemi virus corona atau Covid-19," ujar Fahmi.
Oleh karenanya perlu dorongan agar pelaku UMKM bangkit kembali dan menjadi bagian penting gerakan pulihkan Sukabumi dari pandemi Covid-19. Salah satunya dimulai dengan membeli produk UMKM sebagai bagian dari menggerakan roda perekonomian warga. Sehingga ia menggulirkan terobosan bagi pelaku UMKM silakan kirimkan produk UMKM nya yang akan ditampillkan dalam Instagram pribadi wali kota.