Rabu 22 Jul 2020 13:49 WIB

BPS: Jumlah Penduduk Miskin Babel Terendah Keempat

Rendahnya angka kemiskinan Babel karena GK Babel tertinggi di Indonesia

Red: Hiru Muhammad
angka kemiskinan yang terbilang rendah itu patut diapresiasi karena begitu banyak faktor yang memengaruhinya.
Foto: istimewa
angka kemiskinan yang terbilang rendah itu patut diapresiasi karena begitu banyak faktor yang memengaruhinya.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG--Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis data penduduk miskin berdasarkan hasil survei lapangan. Data tersebut cukup melegakan, karena menempatkan Provinsi Kepulauan Babel dengan jumlah penduduk miskin terendah keempat se-Indonesia.

Menanggapi hal itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan data yang dikeluarkan oleh BPS tersebut patut dicermati sebagai acuan bahwa semua unsur di provinsi berjalan, terutama yang menyangkut perekonomian, kendati data tersebut dikumpulkan saat awal terjadinya lonjakan pandemi Covid-19.

"Kita tahu data yang dikumpul itu diambil bulan September 2019 dan Maret 2020. Saat itu pandemi Covid-19 baru muncul, termasuk juga di Babel. Yang kita rasakan sama-sama, itu artinya, angka kemiskinan yang dirilis BPS di bulan Juli 2020 kemarin, belum mendeteksi secara keseluruhan akibat dari dampak Covid-19," ungkap Gubernur Erzaldi.

Namun begitu, angka kemiskinan yang terbilang rendah itu patut diapresiasi karena begitu banyak faktor yang memengaruhinya. Karena jika hanya seorang gubernur saja, maka tidak bisa membuat program yang baik bagi perekonomian jika tidak didukung semua pihak.