Kamis 23 Jul 2020 15:32 WIB

Kolaborasi Jadi Kunci Sukses Komunikasi Humas Pemerintah

Humas pemerintah harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman

Red: Bilal Ramadhan
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof Widodo Muktiyo
Foto: Istimewa
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof Widodo Muktiyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Kekuatan komunikasi publik di Indonesia turut bergantung pada peran Humas instansi-instansi pemerintah. Humas pemerintah dituntut untuk profesional menjaga kepercayaan publik.

Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prof. Dr. Widodo Muktiyo, saat Web Seminar (webinar) bertajuk “Media Center sebagai Humas Pemerintah” Rabu (22/7).

“Kolaborasi antara humas pusat dan daerah penting dalam upaya membangun kualitas informasi dan komunikasi. Ini membangun networking antara media centre pusat dan daerah agar lebih efektif dan efesien dalam memproduksi pesan-pesan yang dibuat untuk menopang pembangunan pemerintah,” kata Widodo dalam rilisnya, Kamis (23/7).

Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Widodo, tatanan kehidupan juga ikut berubah sehingga dibutuhkan pendekatan khusus dalam membangun komunikasi yang positif. Humas pemerintah dituntut untuk melakukan pendekatan berbasis komunitas.