Kamis 23 Jul 2020 18:16 WIB

Turki Turunkan Robot dalam Perang Libya, Ini Kehebatannya

Robot TMR 2 dipakai untuk menyapu ranjau di seputar ibu kota Libya.

Red: Teguh Firmansyah
Robot Turki TMR 2
Foto: Tangkapan Layar Video TRT
Robot Turki TMR 2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberhasilan Turki dalam mendukung pasukan GNA dalam menghadapi jenderal Khalifa Haftar di Libya tak terlepas dari penggunaan senjata militer yang canggih. Selain menerjunkan pesawat drone yang mengubah peta perang, Turki juga memanfaatkan robot dalam pertempuran di Linya.

Robot TMR 2 buatan Turki diterjunkan untuk membantu menyapu detonator atau ranjau di sepanjang Tripoli, ibu kota Libya. Sebelumnya ada laporan pasukan bayaran Rusia yang membela Haftar memasang ranjau di sekitar wilayah Tripoli.

Baca Juga

"Sejak pertengahan 2010, Turki telah memanfaatkan robot buatan domestik dalam operasi militer atau polisi untuk mengatasi bahan peledak. Sekarang kita pakai robot ini di Libya, Suriah atau tempat lain di mana ada kehadiran militer Turki," ujar sumber Departemen Pertahanan Turki yang namanya tak mau disebutkan seperti dilansir TRT, kemarin.

Pada Ahad lalu, Kementerian Pertahanan Turki berkicau soal penggunaan robot yang digunakan di Tripoli. "Robot kami TMR II yang dapat dipakai menggunakan remote kontrol dan aman digunakan efektif dipakai tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) teams di Tripoli dalam operasi peledakan IED dan amunisi," ujar Kementerian Pertahanan Turki.