Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Titien Wattimena Hidupkan Tokoh Istri Malin Kundang

Jumat 24 Jul 2020 14:41 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Desmonda Cathabel sebagai Nur, istri Malin Kundang, dalam drama musikal yang diangkat dari cerita rakyat Sumatra Barat yang ditayangkan di Youtube IndonesiaKaya.

Desmonda Cathabel sebagai Nur, istri Malin Kundang, dalam drama musikal yang diangkat dari cerita rakyat Sumatra Barat yang ditayangkan di Youtube IndonesiaKaya.

Foto: Youtube
Di cerita aslinya, istri Malin Kundang tak memiliki nama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengadaptasi cerita rakyat untuk dijadikan sebuah karya baru lagi biasanya tak melulu persis dengan aslinya. Hal itu pun dilakukan oleh Titien Wattimena sebagai penulis naskah #MusikalDiRumahAja yang mengangkat cerita "Malin Kundang".

 

“Yang pasti ketika terjadi proses adaptasi, pasti kami minta tidak 100 persen sama dengan media atau wahana sebelumnya. Pastinya ada yang dikembangkan,” tutur Titien dalam media briefing secara daring yang disimak di Jakarta, Kamis (23/7).

Baca Juga

Titien menambahkan satu sudut pandang dari karakter istri Malin Kundang yang bernama Nur dalam cerita drama musikal "Malin Kundang". Menurut Titien, meskipun karakter istri Malin terkesan tidak penting dalam cerita rakyat asal Sumatra Barat itu, namun Nur berperan sebagai karakter yang mendorong Malin pulang kampung dan bertemu ibunya.

Titien mengatakan, pada dasarnya, dia memang lebih suka mengangkat sudut pandang perempuan dalam ceritanya. Namun, karena sudut pandang ibu dalam cerita Malin Kundang telah ada dari cerita aslinya, maka dia mencoba untuk mengangkat sudut pandang dari istri Malin.

"Aku yang memutuskan untuk mengangkat karakter istri Malin Kundang ini lebih ke permukaan dan dia bahkan kuberi nama. Di legenda aslinya, dia tidak memiliki nama," jelas Titien.

Menurut Titien, istri Malin Kundang sangat cocok untuk menjadi karakter motivasi bagi Malin Kundang. Oleh karenanya, dia mengangkat karakter ini, meskipun dalam durasi yang tidak banyak, yakni hanya 15 menit. 

"Jadi langsung kuat karakternya di situ,” jelas dia.

Istri Malin Kundang yang bernama Nur itu diperankan oleh Desmonda Cathabel. Menurut Desmonda, perannya sebagai Nur merupakan peran yang sedikit antagonis.

"Itu sesuatu yang sebenarnya aku jarang lakukan di panggung manapun. Itu seru," kata Desmonda.

Karena belum pernah memainkan peran antagonis, Desmonda merasa lebih bisa mengeksplorasi lebih jauh karakter ini. Dia merasa lebih mudah memainkannya karena berpasangan dengan Nino Prabowo sebagai tokoh Malin Kundang.

Desmonda mengaku sering berdiskusi dengan Nino agar dua karakter tersebut bisa membaur. Diskusi dan latihan itu pun dilakukan secara virtual.

#MusikalDiRumahAja hadir melalui saluran Youtube Indonesia Kaya mulai Kamis (23/7) pukul 20.00 WIB selama tujuh hari berikutnya. Teater daring ini diarahkan oleh sutradara teater Rama Soeprapto dan sutradara film Pritagita Arianegara.

Selain itu, Dian HP didapuk menjadi penata musik dan komposer lagu. Beberapa pemain di antaranya adalah Nino Prabowo sebagai Malin Kundang, Dea Panendra sebagai Rubayah, Desmonda Cathabel sebagai Nur, dan Naura sebagai narator.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile