Sabtu 25 Jul 2020 03:46 WIB

Seperti Apa Buku Cerita yang Bagus untuk Anak?

Buku harus mampu membuka jendela pikiran dan jendela hati anak.

Red: Dwi Murdaningsih
Seorang siswi Sekolah Dasar membaca buku komik tentang kebencanaan pada peluncurannya di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/6/2019).
Foto: Antara/Basri Marzuki
Seorang siswi Sekolah Dasar membaca buku komik tentang kebencanaan pada peluncurannya di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah penulis menyatakan buku cerita anak yang baik adalah buku yang mampu membuka jendela pikiran dan jendela hati anak-anak. Pernyataan itu muncul dalam Seminar Buku Cerita Anak Berkualitas: Dari Kreator Buku untuk Anak Indonesia Gembira yang diselenggarakan oleh Room to Read bersama ProVisi Education dalam Rangka Hari Anak Nasional 2020.

"Buku cerita yang menarik adalah yang mampu membuat anak-anak terlibat dalam buku," ujar penulis buku anak, Imelda Naomi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (25/7).

Baca Juga

Dia menambahkan melalui buku-buku tersebut, anak-anak menjadi ingin terus-menerus membaca. Room to Read menerapkan proses pembuatan buku berkelanjutan dalam proses pembuatan buku cerita anak yang berkualitas.

Associate Director Book Publishing Room to Read Global, Mahesh Pathirathna, menyampaikan Room to Read telah mengembangkan buku cerita anak dalam 30 bahasa untuk mendukung kegembiraan membaca anak-anak. Di Indonesia, Room to Read pertama kalinya bekerja sama dengan penerbit lokal dan pemerintah.