Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dhani Ungkap Syarat Mutlak Jadi Vokalis Dewa 19

Jumat 24 Jul 2020 23:52 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Personel dan eks member Dewa 19

Personel dan eks member Dewa 19

Bukan Tampang, Dhani Ungkap Syarat Mutlak Jadi Vokalis Dewa 19

VIVA – Band papan atas Tanah Air, Dewa 19 terbukti mampu melewati masa jaya dengan peran 2 vokalis berbeda. Muncul pertama kali dengan formasi Ari Lasso, Dewa 19 berkibar sebagai band dengan deretan hits fenomenal hingga album ke-4, Pandawa Lima.

Pasca Ari Lasso terlibat ketergantungan narkoba, Dewa pun memilih sosok Once Mekel menggantikan Ari dan melakoni debutnya dengan band asal Surabaya itu pada album ke-5, “Bintang Lima” bersama drummer Tyo Nugros di tahun 2000.

Keputusan itu pun terbukti sangat tepat, dimana hasilnya Dewa makin berkibar kala album Bintang Lima mampu menembus angka penjualan 2 juta kopi.

Kesuksesan saat itu pun diakui oleh Ahmad Dhani layaknya sebuah perjudian besar dalam melanjutkan kiprah Dewa 19 di blantika industri musik Tanah Air.

Baca juga: VIDEO: Rombongan Akad Nikah Pakai APD di Wisma Atlet Pacitan

“Bintang Lima adalah sebuah album milestone, sebuah pembuktian apakah Dewa itu akan buyar setelah ganti vokalis atau tetap eksis. Saya nggak berani ngomong tambah ngetop karena nggak enak sama Ari Lasso,” ungkap Ahmad Dhani dalam channel YouTube VIDEO LEGEND.

Tak dipungkiri, aspek vokalis menjadi sangat krusial menentukan arah bermusik Dewa kala itu. Bahkan, jika berkaca dengan kondisi saat ini Dewa pun masih kosong pada posisi vokalis mereka.

“Pada waktu itu kondisinya memang berat sekali. Saat Ari memutuskan untuk “quit the job” (keluar dari Dewa 19, bukan dipecat). Saya nggak mau bilang Once penyalamat dari Dewa 19, karena takutnya nanti dia besar kepala, ya kita semua punya beban yang besar untuk menjadikan Dewa tetap eksis di dunia musik,” jelas Dhani.

Baca juga: Anak Shandy Aulia Dihina, 5 Sumber Kaya Jedar dan Penghasilan YouTuber

Lantas, apa sebenarnya syarat khusus untuk bisa menjadi seorang vokalis Dewa 19?

“Cukup simple, yang penting suaranya itu tinggi. Jadi kalau syarat menjadi penyanyi Dewa itu tidak harus bersuara tinggi, ya saya juga bisa jadi penyanyi Dewa 19,” kata Dhani.

“Kebetulan saya suara rendahnya bagus, Once tingginya bagus. Sehingga di album Bintang Lima itu ada perpaduan yang baik range vokalnya. Maka dari itu, salah satu syarat buat jadi penyanyi Dewa pada waktu itu ya dia harus suaranya tinggi dan ngerock pastinya,” tegas Dhani.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile