Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

4 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Suhu Dingin Landa Sejumlah Daerah di Jabar

Senin 27 Jul 2020 08:11 WIB

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani

Suhu yang dingin/ilustrasi

Suhu yang dingin/ilustrasi

Foto: Wikimedia
Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan merasakan suhu dingin dibanding hari biasa

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA – Masyarakat di Wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) merasakan suhu udara dalam beberapa hari terakhir ini lebih dingin dibandingkan hari-hari biasa.

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, menjelaskan, suhu udara dingin saat ini disebabkan adanya pergerakan massa udara dingin dan kering dari Australia ke Asia yang melewati wilayah Indonesia.

Saat musim kemarau, terang Faiz, tutupan awan sedikit bahkan tidak ada sehingga bumi jadi semacam tak berselimut. Pada saat tak berselimut, panas yang diserap pada siang hari akan sangat mudah dilepas pada malam hari.

Dengan demikian, lanjut Faiz, malam hari terasa dingin dari kondisi biasanya. Dia menyebutkan, selama dua hari terakhir, suhu udara minimum di Wilayah Ciayumajakuning berkisar 20 – 23 derajat celcius.

‘’Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga September 2020,’’ terang Faiz kepada Republika, Senin (27/7).

Dalam kondisi seperti sekarang, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengenakan pakaian dan selimut yang tebal saat malam hari. Selain itu, gunakan krim/pelembab kulit agar kulit tidak kering.

‘’Cukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi,’’ tukas Faiz.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Republika di Kabupaten Indramayu, suhu udara dingin terasa saat malam hingga pagi hari. Namun meski demikian, suhu udara pada siang hari justru terasa panas menyengat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile