Senin 27 Jul 2020 15:25 WIB

Sosok Arsitek Ottoman di Balik Kukuhnya Hagia Sophia

Bangunan Hagia Sophia mampu bertahan berabad-abad.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Sosok Arsitek Ottoman di Balik Kukuhnya Hagia Sophia. Masjid Hagia Sophia
Foto: EPA/TOLGA BOZOGLU
Sosok Arsitek Ottoman di Balik Kukuhnya Hagia Sophia. Masjid Hagia Sophia

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Sejak dibangun berabad-abad silam, bangunan bersejarah Hagia Sophia di Istanbul, Turki masih kukuh berdiri hingga saat ini. Ketahanan bangunan ikon Istanbul itu tidak lepas dari peran seorang arsitek terhebat di era Ottoman.

Ialah Mimar Sinan, arsitek yang telah memperkuat kubah dan memperpanjang usia ketahanan bangunan Hagia Sophia. Sang arsitek membangun blok dan menara pendukung di sekitar Hagia Sophia pada abad ke-16.

Baca Juga

Upaya memperkuat bangunan ini terjadi di masa kekaisaran Utsmaniyah. Setelah penaklukan Konstantinopel (nama Istanbul dahulu) oleh Ottoman dari Kekaisaran Byzantium, Fatih Sultan Mehmet mengubah fungsi Hagia Sophia dari gereja terbesar dunia Kristen menjadi masjid pada 1453.

Kubah dari keajaiban arsitektur yang dibangun oleh Kaisar Romawi Justinian I pada 537 M, itu tetap seperti permata di kalangan kaum Kristen selama lebih dari 1.000 tahun hingga 1520, ketika katedral Katolik di Sevilla selesai dibangun. Namun menurut banyak pakar, jika penguasa Ottoman tidak mengambil langkah atas bangunan tersebut, kubah Hagia Sophia tidak akan bertahan lama.