REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku masyarakat pandemi mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk terus mengembangkan inovasi berbasis digital. Tak hanya melakukan digitalisasi di aspek penjualan dan aktivitas promosi, Honda juga memanfaatkan platform digital untuk mewujudkan komitmen dalam mempopulerkan balap mobil di Indonesia pada tahun 2020 ini.
Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengatakan, pada tahun ini HPM berkomitmen untuk tetap mempopulerkan balap mobil di Indonesia dengan memperluas aktivitas balap secara virtual. “Sesuai dengan semangat Everyone Can Race yang kami usung, kami percaya bahwa platform digital dapat membawa kesenangan balap ke lebih banyak orang, terutama pada masa pandemi yang menyebabkan banyak pembatasan aktivitas di luar ruangan,” kata Billy dalam konferensi pers virtual HPM pada Rabu (29/7).
Pada bulan Juni lalu, Honda telah memperkenalkan ajang Honda Racing Simulator Championship (HRSC), yang merupakan ajang balap simulator pertama yang digelar oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Lomba balap touring virtual ini langsung menarik perhatian dari para pecinta balap dan game di Indonesia. Di ajang ini lebih dari 200 pendaftar ambil bagian dalam babak kualifikasi yang digelar sejak tanggal 15 Juni sampai 4 Juli 2020.
Saat ini, sebanyak 60 pebalap telah ambil bagian dalam ajang HRSC yang telah digelar sebanyak dua seri di sirkuit virtual Suzuka dan Sepang. Seri-seri lanjutan dari HRSC akan kembali digelar pada setiap akhir pekan denhan mengambil tempat di berbagai sirkuit virtual Internasional hingga seri final pada 29 Agustus 2020.
Tak hanya balap touring virtual, Honda juga akan memperkenalkan sebuah game balap Drift berbasis aplikasi mobile game. Game bertajuk “Brio Virtual Drift Challenge” yang menyajikan keseruan sebuah kompetisi Drifting menggunakan Honda Brio itu akan diluncurkan pada bulan Agustus 2020 mendatang.
Soal balap di lintasan sirkuit, dari tahun ke tahun Honda juga secara konsisten telah berpartisipasi di berbagai ajang balap nasional di Indonesia. Melalui tim Honda Racing Indonesia, Honda telah terjun di kejuaraan nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR) dan merebut gelar juara nasional melalui pembalap Alvin Bahar di musim 2019 lalu.
Selain itu, Honda juga rutin menggelar ajang One Make Race Honda Jazz Speed Challenge dan Honda Brio Speed Challenge, serta menggelar kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge yang terbuka untuk umum.
Sehubungan dengan pembatasan aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun ini, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk olahraga bermotor di Indonesia telah memutuskan untuk meniadakan kejuaraan balap nasional ITCR di musim 2020. Sebagai tim yang berlaga di kejuaraan nasional ITCR, Honda Racing Indonesia juga memutuskan untuk tidak turun di ajang balap musim ini.
Oleh karena itu, dalam kesempatan itu ia juga sekaligus menegaskan bahwa Honda memutuskan untuk tidak menggelar kejuaraan Honda Jazz Speed Challenge, Honda Brio Speed Challenge, serta Brio Saturday Night Challenge pada tahun ini. Keputusan tersebut sejalan dengan arahan pemerintah untuk tidak menggelar aktivitas yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.
“Meskipun tidak berlaga di sirkuit pada musim 2020 ini, kami akan tetap fokus untuk mempersiapkan tim Honda Racing Indonesia dan merancang aktivitas balap yang semakin seru dan menantang di musim mendatang. Kami juga akan terus memantau kondisi terkini untuk dapat memfasilitasi para pembalap Honda untuk dapat berlatih dan mempersiapkan diri menjelang musim balap tahun depan,” ujarnya.