Kamis 30 Jul 2020 09:13 WIB

Fed Pertahankan Suku Bunga Dekati Nol

Sejak Maret, The Fed telah memangkas suku bunga hingga mendekati nol.

Red: Nidia Zuraya
The Fed/Ilustrasi
Foto: ABC News
The Fed/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), pada Rabu (29/7) mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah pada level rekor terendah mendekati nol. Kebijakan ini  di tengah kebangkitan baru-baru ini dalam kasus Covid-19 secara nasional.

"Menyusul penurunan tajam, aktivitas ekonomi dan lapangan kerja telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir tetapi masih jauh di bawah level mereka pada awal tahun," kata The Fed dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari.

Baca Juga

"Jalur ekonomi akan sangat tergantung pada perkembangan virus. Krisis kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung akan sangat membebani aktivitas ekonomi, lapangan kerja, dan inflasi dalam waktu dekat, dan menimbulkan risiko yang cukup besar terhadap prospek ekonomi dalam jangka menengah," kata The Fed, seraya menambahkan bank sentral memutuskan untuk mempertahankan kisaran target suku bunga dana federal pada 0-0,25 persen.

"Komite memperkirakan untuk mempertahankan kisaran target ini sampai yakin bahwa ekonomi telah melewati peristiwa-peristiwa buruk baru-baru ini dan berada di jalur untuk mencapai target lapangan kerja maksimum dan stabilitas harga," kata The Fed, mengacu pada Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), badan kebijakan Fed.