Selasa 04 Aug 2020 05:58 WIB

Penerbangan Bersejarah SpaceX Bawa 2 Awak Astronaut NASA

SpaceX sukses mengantarkan astronot NASA ke orbit dan kembali ke Bumi.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Detik-detik pendaratan dua astronaut NASA yang menaiki kapsul milik SpaceX. Dua astronaut kembali dari stasiun ruang angkasa internasional.
Foto: cnn
Detik-detik pendaratan dua astronaut NASA yang menaiki kapsul milik SpaceX. Dua astronaut kembali dari stasiun ruang angkasa internasional.

REPUBLIKA.CO.ID,  CAPE CANEVERAL -- Dua astronot NASA yakni Doug Hurley dan Bob Behnken mendarat dengan selamat di perairan Florida pada Ahad (2/8) sekitar pukul 14.48 waktu setempat. Mereka adalah bagian dari misi luar angkasa komersial pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional yang kembali ke bumi.

Ini adalah pendaratan pertama oleh astronot Amerika Serikat (AS) sejak misi luar angkasa terakhir Apollo pada 45 tahun lalu. Kembalinya dua astronot NASA ini membuka jalan bagi awak SpaceX lain untuk terbang ke luar angkasa dan kemungkinan dibukanya penerbangan wisata luar angkasa pertama pada 2021 mendatang.

Baca Juga

Hurley dan Behnken tiba kembali ke Bumi dengan kapsul SpaceX Dragon yang dibangun oleh perusahaan milik Elon Musk. Kapsul SpaceX Dragon yang bernama Endeavour tersebut mendarat di perairan Florida sekitar 40 mil di lepas pantai Pensacola.

"Selamat datang kembali ke planet Bumi dan terima kasih telah menerbangkan SpaceX," kata Mission Control dari kantor pusat SpaceX.