Senin 03 Aug 2020 21:56 WIB

Produksi Warga Gaza: APD Covid-19 Hingga Sayur untuk Israel

Warga Gaza mampu produksi APD Covid-19 hingga sayuran dijual di Israel.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Warga Gaza Raih Rezeki tak Terduga Lewat Masker. Mereka sedang membuat pakaian pelindung medis untuk diekspor ke Israel.
Foto: Adel Hana/AP
Warga Gaza Raih Rezeki tak Terduga Lewat Masker. Mereka sedang membuat pakaian pelindung medis untuk diekspor ke Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Sebuah bangunan terlihat dinding yang lapuk dengan mesin-mesin usang dan para pekerja digaji rendah. 

Tetapi dalam beberapa pekan terakhir, produksi telah mencapai kapasitas maksimum yang dikenal pabrik tekstil Gaza untuk pertama kalinya setelah beberapa dekade turun. 

Baca Juga

Mereka telah memproduksi masker wajah, pakaian rumah sakit, dan pakaian pelindung hampir setiap saat, tidak hanya untuk memenuhi permintaan domestik, tetapi juga untuk ekspor ke Israel dan di seluruh dunia. 

Dampak dari pandemi Covid-19, industri tekstil Palestina mengalami kebanjiran pesanan. Kepala Unipal 2000, Nabil Bawab, mengatakan sebanyak 70 persen produksi bengkel pabrik saat ini eksklusif memproduksi peralatan untuk melindungi dari virus. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan terbesar di Jalur Gaza, yang saat ini mempekerjakan 600 pekerja.