Rabu 05 Aug 2020 18:56 WIB

Eks Tunawisma Akhiri Dinasti Politik Clay di Missouri AS

Cori Bush dikenal sebagai aktivis yang memimpin unjuk rasa antirasial.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Cori Bush.
Foto: AP
Cori Bush.

REPUBLIKA.CO.ID, MISSOURI -- Mantan tunawisma yang memimpin unjuk rasa menentang diskriminasi rasial dan brutalitas polisi berhasil memenangkan primary Partai Demokrat di Missouri, Amerika Serikat (AS). Cori Bush mengakhiri dinasti politik William Lacy Clay yang berlangsung setengah abad.

Bush sebelumnya juga maju untuk mengalahkan Clay pada pemilihan 2018 lalu. Tapi ia gagal mengkapitalisasi gelombang politisi perempuan dan progresif di Partai Demokrat. Faktor yang membawa temannya yakni anggota House of Representative Alexandria Ocasio-Cortez ke Kongres.

Namun gelombang demonstrasi ketidakadilan rasial yang dipicu kematian George Floyd yang berkulit hitam di tangan polisi kulit putih di Minneapolis membawa Bush untuk tampil mewakili Partai Demokrat dalam pemilihan anggota Kongres. Dalam pidatonya Bush mengatakan hanya sedikit orang yang yakin ia akan menang.

"Mereka tidak menghitung kami, mereka menyebut saya, hanya seorang pengunjuk rasa, saya hanya aktivis yang tak dikenal, tak memiliki gelar dan uang, itu yang mereka katakan mengenai saya, tapi hari ini St. Louis menampilkan dirinya," kata Bush, Rabu (5/8).