Sabtu 08 Aug 2020 01:29 WIB

Menyeduh Teh dengan Air Panas Microwave, Bolehkah?

Menyeduh teh dengan air panas microwave viral di platform TikTok.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Berdasarkan studi terdahulu, menyeduh teh dengan menggunakan microwave juga ternyata kurang tepat (Foto: ilustrasi menyeduh teh)
Foto: libreshot.com
Berdasarkan studi terdahulu, menyeduh teh dengan menggunakan microwave juga ternyata kurang tepat (Foto: ilustrasi menyeduh teh)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan lalu, video tutorial membuat teh dari seorang perempuan asal Amerika Serikat (AS) menjadi viral di internet. Video tersebut banyak diperbincangkan karena sang perempuan membuat teh dengan menggunakan microwave.

Untuk menyeduh teh, orang-orang biasanya akan merebus air terlebih dahulu di dalam ketel. Akan tetapi, perempuan dalam video TikTok tersebut memanaskan air putih dengan microwave untuk menyeduh teh.

Baca Juga

Video tersebut memicu terjadinya perdebatan budaya. Sebagian orang menilai cara menyeduh teh yang dilakukan perempuan tersebut tidak tepat.

Berdasarkan studi terdahulu, menyeduh teh dengan menggunakan microwave juga ternyata kurang tepat. Alasannya, "merebus" air dengan microwave akan membuat panas pada air menjadi tidak merata. Distribusi panas yang tidak merata di pada microwave membuat bagian atas air menjadi lebih panas dibandingkan bagian bawahnya.