Sabtu 08 Aug 2020 20:38 WIB

Kota Zona Merah di Sumsel, Prabumulih Gantikan Palembang

Palembang saat ini berubah statusnya menjadi zona oranye Covid-19.

Red: Andri Saubani
Sejumlah supir angkutan kota berinteraksi di sudut Pasar 16 Ilir  Palembang, Sumatera Selatan. Prabumulih saat ini berstatus zona merah Covid-19. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/FENY SELLY
Sejumlah supir angkutan kota berinteraksi di sudut Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan. Prabumulih saat ini berstatus zona merah Covid-19. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kota Prabumulih menjadi zona merah Covid-19 terbaru di Sumatera Selatan (Sumsel) berdasarkan zonasi Satgas Penanganan Covid-19 Pusat. Kasus konfirmasi positif yang masih dalam penanganan di Prabumulih berjumlah 51 orang.

Menurut peta zonasi pada laman resmi Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, Sabtu (8/8), Kota Prabumulih menjadi satu-satunya zona merah di Sumsel berdasarkan pembaruan terakhir pada 2 Agustus 2020. Sedangkan, Kota Palembang dari sebelumnya zona merah kembali ke zona oranye.

Baca Juga

Anggota Tim Ahli Penanganan Covid-19 Sumsel bidang epidemiologi, Iche Andriani Liberty di Palembang mengatakan, adanya relaksasi kegiatan masyarakat memicu peningkatan mobilitas penduduk dan dimungkinkan berkontribusi terhadap status zona merah Prabumulih.

"Tetapi lagi-lagi, indikator peta risiko tersebut tidak hanya dilihat dari peningkatan kasus saja," ujar Iche, Sabtu.