Rabu 12 Aug 2020 10:25 WIB

Sebutan Islam dan Makkah Masa Awal Dakwah oleh Orang China

Orang China memberikan sebutan untuk Islam dan Makkah awal Islam.

Red: Nashih Nashrullah
Orang China memberikan sebutan untuk Islam dan Makkah awal Islam.  Masjid Xianxian yang berada di kompleks makam Saad bin Abi Waqash.
Foto: Antara/M. Irfan Ilmie
Orang China memberikan sebutan untuk Islam dan Makkah awal Islam. Masjid Xianxian yang berada di kompleks makam Saad bin Abi Waqash.

REPUBLIKA.CO.ID, Kehebatan dan tingginya peradaban masyarakat China ternyata sudah terdengar di negeri Arab sebelum tahun 500 M. Sejak itu, para saudagar dan pelaut dari Arab membina hubungan dagang dengan `Middle Kingdom', julukan China. Untuk bisa berkongsi dengan para saudagar China, para pelaut dan saudagar Arab dengan gagah berani mengarungi ganasnya samudera. Mereka `angkat layar' dari Basra di Teluk Arab dan kota Siraf di Teluk Persia menuju lautan Samudera Hindia. 

Sebelum sampai ke daratan China, para pelaut dan saudagar Arab melintasi Srilanka dan mengarahkan kapalnya ke Selat Malaka. Setelah itu, mereka berlego jangkar di pelabuhan Guangzhou atau orang Arab menyebutnya Khanfu. Guangzhou merupakan pusat perdagangan dan pelabuhan tertua di China. Sejak itu banyak orang Arab yang menetap di China.  

Baca Juga

Ketika Islam sudah berkembang dan Rasulullah SAW mendirikan pemerintahan di Madinah, di seberang lautan China tengah memasuki periode penyatuan dan pertahanan. Menurut catatan sejarah awal China, masyarakat Tiongkok pun sudah mengetahui adanya agama Islam di Timur Tengah. Mereka menyebut pemerintahan Rasulullah SAW sebagai Al-Madinah. 

Orang China mengenal Islam dengan sebutan Yisilan Jiao yang berarti 'agama yang murni'. Masyarakat Tiongkok menyebut Makkah sebagai tempat kelahiran 'Buddha Ma-hia-wu' (Nabi Muhammad SAW).