Rabu 12 Aug 2020 12:38 WIB

Warga Pondok Kelapa Sedekah Wi-Fi untuk Siswa tak Mampu

Warga menyumbang Wi-Fi melalui kas RW serta donatur.

Red: Ani Nursalikah
Warga Pondok Kelapa Sedekah Wi-Fi untuk Siswa tak Mampu. Ilustrasi siswa belajar daring.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga Pondok Kelapa Sedekah Wi-Fi untuk Siswa tak Mampu. Ilustrasi siswa belajar daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Kompleks DKI Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, bersedekah Wi-Fi bagi kalangan siswa tidak mampu di lingkungan setempat untuk kegiatan belajar selama Covid-19.

"Kami bantu dan bersedekah Wi-Fi gratis kepada warga tidak mampu," kata Ketua RT 013 Agus Sugianto, Rabu (12/8).

Baca Juga

Warga di RT 013 RW 22 Pondok Kelapa menyumbang Wi-Fi melalui kas RW serta donatur. Saat ini, tersedia tiga unit alat pemancar Wi-Fi yang tersedia di lokasi itu.

Menurut Agus, alat tersebut dapat digunakan hingga 15 siswa dalam setiap gelombang belajar. Pengurus RT dan RW setempat juga memfasilitasi tenda berkapasitas hingga 30 orang untuk kegiatan belajar-mengajar siswa.

Fasilitas itu disediakan bagi siswa SD, SMP, SMA/SMK dan mahasiswa dengan protokol kesehatan yang ketat. Mayoritas pelajar yang hadir ke lokasi menggunakan seragam sekolah.

"Paling banyak dari luar lingkungan RW 22. Ada anak yatim dan ada anak dari pembantu rumah tangga," katanya.

Belasan pelajar yang datang ke lokasi Wi-Fi gratis dicek suhu tubuh dan mencuci tangan. Selanjutnya, pengurus RT dan RW mengarahkan pelajar menuju bangku yang sudah diatur letaknya dengan jarak masing-masing 1-2 meter.

"Kegiatan ini kami gelar sejak 13 Juli 2020. Alhamdulillah peminatnya semakin banyak," kata Agus.

Salah satu siswa SMA, Mulano, mengaku senang berada di lokasi Wi-Fi gratis sebab dapat berinteraksi dengan teman sebaya.

"Kalau di rumah malah pengennya santai, tapi kalau bareng-bareng gini kan rasanya sedang ada di sekolah, bisa lebih fokus," katanya.

Selain mendapatkan Wi-Fi, kata Milano, warga setempat juga memberikan minuman susu sapi gratis setiap Jumat dan kacang hijau setiap Senin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement