Rabu 12 Aug 2020 17:06 WIB

Menteri Kesehatan AS Serang China Saat Bela Taiwan

Menkes AS menyampaikan tiga hal yang menjadi inti kunjungannya ke Taiwan

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Menteri Kesehatan AS Alex Azar, kiri, berbicara selama pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei, Taiwan Senin, Agustus. 10, 2020.
Foto: AP/Central News Agency Pool
Menteri Kesehatan AS Alex Azar, kiri, berbicara selama pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei, Taiwan Senin, Agustus. 10, 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar mengaku kunjungannya ke Taiwan bukan sebagai tindakan provokatif ke China. Azar menegaskan kedatangannya fokus pada kerja sama dan persahabatan AS-Taiwan. Tapi di saat yang sama ia juga mengkritik Beijing yang menurutnya tidak transparan mengenai Covid-19.

"Dalam kunjungan resmi saya ke Taiwan, saya sangat merasa terhormat bertemu dengan Presiden Tsai (Ing-wen) dan juga Wakil Presiden Lai (Ching-te) dan saya sedang duduk Wakil Perdana Menteri Shen (Jong-Chin)," kata Azar dalam konferensi sambungan telepon yang Republika.co.id ikuti, Rabu (12/8).  

Baca Juga

Azar mengatakan dalam kunjungan ini juga bertemu dengan dengan seluruh pemimpin-pemimpin akademisi dan pemimpin departemen penyakit menular. Ia juga bertemu Menteri Luar Negeri (Joseph) Wu, kepala penasihat keamanan nasional, dan anggota kabinet Taiwan lainnya.

"Kunjungan serta pesan saya ke Taiwan benar-benar fokus pada kerja sama dan persahabatan antara Taiwan dan Amerika Serikat. Saya kira ada tiga hal yang menjadi inti dari kunjungan ini," kata Azar