Jumat 14 Aug 2020 02:09 WIB

Jumlah Penumpang di Bandara Lombok Melejit

Kenaikan jumlah penumpang di Bandara Lombok pada Juli-Juli hampir 200 persen

Red: Nur Aini
Penumpang memasuki bilik disinfektan yang terpasang di pintu keberangkatan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (27/3/2020). Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona (COVID-19) ke wilayah NTB, pihak PT Angkasa Pura I (Persero) Lombok telah menempatkan lima bilik desinfektan yang berada di jalur keberangkatan dan  kedatangan penumpang Bandara Internasional Lombok
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Penumpang memasuki bilik disinfektan yang terpasang di pintu keberangkatan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (27/3/2020). Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona (COVID-19) ke wilayah NTB, pihak PT Angkasa Pura I (Persero) Lombok telah menempatkan lima bilik desinfektan yang berada di jalur keberangkatan dan kedatangan penumpang Bandara Internasional Lombok

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Bandara Lombok mencatat pertumbuhan penumpang sebesar 188 persen pada Juli 2020 dibandingkan Juni 2020.

General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati dalam keterangannya, Kamis (13/8), menyebutkan sebanyak 49.861 penumpang dilayani bandara tersebut selama Juli 2020. Sementara pada bulan sebelumnya, hanya ada 17.314 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok.

Baca Juga

Pergerakan pesawat pada Juli 2020 juga mengalami peningkatan. Jika pada Juni 2020 hanya ada 333 pergerakan, pada Juli 2020 tercatat sebanyak 777 pergerakan pesawat atau tumbuh 133 persen.

“Peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat pada bulan Juli ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 yang dikeluarkan pada 26 Juni lalu,” kata Nugroho.

Menurut Surat Edaran tersebut, persyaratan calon penumpang penerbangan domestik antara lain surat keterangan hasil uji rapid test dengan hasil non-reaktif atau uji tes PCR (swab) dengan hasil tes negatif yang berlaku selama 14 hari.

“Jika dirata-ratakan per hari, pada bulan Juni 2020 terdapat 577 penumpang per hari sedangkan Juli 2020 1.608 penumpang per hari. Untuk bulan Agustus 2020, sampai dengan kemarin rata-rata penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok mencapai 2.315 penumpang per hari,” katanya.

Namun, lanjut dia, jika dibandingkan antara periode Januari hingga Juli 2020 dengan periode yang sama tahun lalu, jumlah penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara Lombok tercatat turun cukup signifikan.

“Akibat merebaknya pandemi global Covid-19 dan kebijakan pembatasan penerbangan, pengguna jasa Bandara Lombok pada Januari-Juli 2020 turun 49 persen dibandingkan periode Januari-Juli 2019, yaitu dari 1,5 juta penumpang menjadi hanya 780 ribu penumpang,” katanya.

Sementara pergerakan pesawat anjlok dari 18.000 pergerakan di tahun lalu menjadi 9.000 pergerakan pesawat di Januari-Juli 2020 ini, atau mengalami penurunan sebesar 50 persen.

Saat ini, maskapai penerbangan yang telah kembali membuka operasionalnya di Bandara Lombok adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, serta Indonesia AirAsia. Rute yang dilayani antara lain tujuan Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima, Sumbawa Besar, serta satu tujuan ke luar negeri, yaitu ke Kuala Lumpur, Malaysia.

“Mudah-mudahan seiring berjalannya waktu, jumlah maskapai dan rute penerbangan akan terus bertambah. Kami selaku pengelola bandara pun saat ini tetap mengedepankan protokol kesehatan dan menerapkan prosedur pelayanan demi mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Nugroho.

Pedoman protokol kesehatan dan prosedur pelayanan di bandara ini meliputi penerapan jaga jarak fisik, pengecekan suhu tubuh, serta pengecekan dokumen kesehatan, baik bagi penumpang maupun mitra usaha maupun seluruh personel yang bertugas di Bandara Lombok. Pihak bandara juga secara rutin melakukan pembersihan dengan cairan disinfektan setiap hari terhadap fasilitas-fasilitas publik yang ada di terminal penumpang.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang. Kami berharap para pengguna jasa bandara juga turut mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan,” katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement