Sabtu 15 Aug 2020 09:30 WIB

Waze Catat Peningkatan Lalu Lintas Selama PSBB Transisi

PSBB transisi buat masyarakat kembali keluar rumah.

Red: Indira Rezkisari
Aplikasi Waze mencatat kenaikan penggunan jalan saat PSBB transisi.
Foto: Antara
Aplikasi Waze mencatat kenaikan penggunan jalan saat PSBB transisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform navigasi Waze mencatat peningkatan lalu lintas hingga rata-rata 24,3 persen selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Data Waze dari beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa adanya pembatasan sosial yang melonggar, membuat pengemudi mulai kembali turun ke jalan.

"Di Waze, kami menstimulasi pengemudi agar terus mengikuti arahan pemerintah Indonesia, di mana menunjukkan bahwa kita masih dalam tahap transisi PSBB," Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (15/8).

Baca Juga

Ketika pembatasan mulai melonggar selama masa transisi yaitu dari 18 Juni hingga 22 Juli, Waze mencatat adanya peningkatan kilometer per hari yang ditempuh pengguna Waze di setiap kota di Indonesia. Khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Misalnya, kemacetan lalu lintas di Tangerang meningkat 32,7 persen, Bekasi 22,5 persen, Jakarta 21,7 persen dan Tangerang Selatan 20,1 persen.