Ahad 16 Aug 2020 17:18 WIB

Islam di Rusia, Diminati Warga Lokal dan Prediksi Mayoritas?

Islam di Rusia diprediksi akan menjadi mayoritas pada 2050 mendatang.

Red: Nashih Nashrullah
Islam di Rusia diprediksi akan menjadi mayoritas pada 2050 mendatang. Umat Islam sholat Idul Adha di Kurban-Bairam di St.Petersburg, Rusia, Jumat (31/7/2020).
Foto: AP / Dmitri Lovetsky
Islam di Rusia diprediksi akan menjadi mayoritas pada 2050 mendatang. Umat Islam sholat Idul Adha di Kurban-Bairam di St.Petersburg, Rusia, Jumat (31/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada statistik pasti terkait jumlah umat Islam di Rusia. Jumlah Muslim Rusia biasanya dihitung dengan menambahkan anggota dari semua kelompok etnis di negara itu yang secara tradisional Muslim, seperti Tatar, Bashkirs, dan Chechnya.

Tak seperti minoritas Muslim lainnya di Eropa, Muslim di negara terbesar di dunia dengan luas mencapai 11,5 persen dari wilayah dunia ini bukan berasal dari imigran asing. Mereka adalah warga asli Rusia. Geliat pertumbuhan populasi Muslim tampak signifikan selama 10 tahun terakhir. Tak hanya dari kalangan pria. Belakangan, 10 tahun.  

Baca Juga

Pernah menjadi kiblat Komunisme selama tujuh dekade, wajah Rusia kini telah berubah 180 derajat. Rusia merupakan rumah yang nyaman bagi sekitar 16 sampai 20 juta Muslim atau 12 hingga 15 persen dari total populasi negara itu menurut survei termutakhir. Jumlah populasi Muslim yang signifikan terdapat di sejumlah kota besar, seperti Moskow dan St Petersburg.

Di Rusia terdapat beberapa republik yang di dominasi oleh pribumi Muslim, yakni di wilayah Volga-Ural (Tatarstan) dan Bashkortostan. Republik Tatarstan terletak di pusat Eropa Timur, sekitar 800 kilometer timur Moskow.