Senin 17 Aug 2020 06:12 WIB

Amalan-Amalan Sunnah di Bulan Muharram

Ada beberapa amalan sunnah di bulan Muharram.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil
Amalan-Amalan Sunnah di Bulan Muharram. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Amalan-Amalan Sunnah di Bulan Muharram. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Umat Islam bersuka cita dalam menyambut Tahun Baru Islam 1442 H, yang akan jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020. Penanggalan dalam Islam atau disebut kalender Hijriyah memiliki 12 bulan, di antaranya Muharram, Safar, Robi'ul Awal, Robi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqo'idah, dan Dzulhijjah.

Jumlah bulan demikian sebagaimana telah dijelaskan di dalam Alquran, bahwa Allah membagi dalam setahun menjadi 12 bulan. Di dalam Alquran surah At-Taubah ayat 36 disebutkan, "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah 12 bulan dalam ketetapan Allah."

Baca Juga

Dari 12 bulan tersebut, Allah juga menjadikan sebagian bulan lebih utama daripada sebagian yang lain. Sebagaimana firmannya, "Di antaranya ada empat bulan yang haram, itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan empat itu." (At-Taubah:36).

Kalender Hijriyah ini diawali dengan bulan Muharam sebagai bulan pertama. Dengan bulan ini, Allah membuka setiap tahun sesuai sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya Allah membuka tahun dengan bulan haram (bulan Muharam) dan mengakhirinya pula dengan bulan Haram (bulan Dzulhijjah). Maka tiada bulan dalam satu tahun lebih agung di sisi Allah setelah bulan Ramadhan daripada bulan Muharam."