Selasa 18 Aug 2020 12:59 WIB

AS Desak Arab Saudi Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

AS menyebut hubungan diplomatik dengan Israel baik untuk bisnis Arab Saudi

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Penasihat Gedung Putih sekaligus menantu Presiden AS Donald Trump Jared Kushner. Kushner mendorong Arab Saudi membuka hubungan diplomatik dengan Israel
Foto: AP Photo/Susan Walsh
Penasihat Gedung Putih sekaligus menantu Presiden AS Donald Trump Jared Kushner. Kushner mendorong Arab Saudi membuka hubungan diplomatik dengan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner mendorong Arab Saudi melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel. Menurut dia, hal itu akan menjadi kepentingan Riyadh.

"Ini akan sangat bagus untuk bisnis Saudi, ini akan sangat baik untuk pertahanan Saudi, dan, sejujurnya, saya pikir itu juga akan membantu rakyat Palestina," kata Kushner pada Senin (17/8), dilaporkan laman Israel National News.

Baca Juga

Kushner mengungkapkan, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah berulang kali menyatakan keinginan agar Palestina dapat merdeka dengan memiliki peluang ekonomi. "Apa yang pada dasarnya mereka katakan adalah bahwa mereka ingin melihat rakyat Palestina memiliki negara dan peluang ekonomi. Banyak negara-negara ini berkepentingan dari sudut pandang keamanan dan dari sudut pandang ekonomi untuk memiliki hubungan dengan Israel," ujarnya.

Kushner berpendapat normalisasi hubungan negara-negara Arab dengan Israel juga penting untuk menghadapi ancaman Iran. "Semakin banyak negara bersatu seperti Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) semakin sulit bagi Iran untuk membelah dan menaklukkan," ucapnya.