Rabu 19 Aug 2020 12:11 WIB

Mentan Syahrul Ajak Gubernur Dukung Diversifikasi Pangan

UMKM sektor pertanian nonberas perlu mendapatkan perhatian lebih.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para gubernur di setiap provinsi untuk membantu pemerintah pusat dalam memulai gerakan diversifikasi pangan lokal.
Foto: Kementan RI
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para gubernur di setiap provinsi untuk membantu pemerintah pusat dalam memulai gerakan diversifikasi pangan lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak para gubernur di setiap provinsi untuk membantu pemerintah pusat dalam memulai gerakan diversifikasi pangan lokal. Syahrul menuturkan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sektor pertanian nonberas perlu mendapatkan perhatian lebih.

"Kami luncurkan pencanangan gerakan diversifikasi dan ekspose UMKM pangan lokal dan buah nusantara. Saya berharap semua kerja sama dengan para gubernur," kata Syahrul di Jakarta, Rabu (19/8).

Ia mengatakan, sektor pertanian saat ini menjadi penopang pertumbuhan ekonomi. Termasuk, dalam hal kinerja ekspor yang terus mengalami pertumbuhan positif di saat sektor lainnya mengalami pertumbuhan negatif. Syahrul mengatakan, jika kegiatan pertanian menggeliat, dipastikan membawa dampak positif bagi ekonomi di perdesaan yang menjadi basis.

Pada Juni lalu, Kementan telah meluncurkan gerakan pangan lokal untuk mendukung upaya pemerintah dalam melakukan diversifikasi pangan. Gerakan itu diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan ragam pangan lokal sumber karbohidrat selain beras.