Senin 24 Aug 2020 15:44 WIB

Dokter di India Angkat Tumor 54 Kg, Terbesar di Dunia

Tumor seberat 54 Kg itu beratnya setengah dari berat badan pasien.

Red: Ani Nursalikah
Dokter di India Angkat Tumor 54 Kg, Terbesar di Dunia. Ilustrasi
Foto: reuters
Dokter di India Angkat Tumor 54 Kg, Terbesar di Dunia. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Dokter rumah sakit swasta di New Delhi, India berhasil mengangkat tumor ovarium terbesar di dunia dari tubuh perempuan berusia 52 tahun. Tumor seberat 54 Kg itu beratnya setengah dari berat badan pasien.

Dokter melakukan operasi selama 3,5 jam. "Selama lebih dari 30 tahun pengalaman saya sebagai ahli bedah, saya tidak pernah mendapatkan kasus di mana tumor memiliki berat hampir setengah dari berat badan seseorang," kata Arun Prasad, konsultan senior, bedah gastroenterologi dan bedah batriatik di Rumah Sakit Indraprastha Apollo.

Baca Juga

Pasien tersebut, yang berasal dari New Delhi, mengalami kenaikan berat badan dalam beberapa bulan terakhir dan mencapai 106 Kg. Ia kesulitan bernapas, berjalan dan mengalami nyeri yang luar biasa di bagian perutnya, demikian keterangan rumah sakit.

Rumah sakit mengatakan tidak terdapat celah di dalam perut pasien untuk memasukkan alat melalui metode bantuan robot, sehingga tim bedah melakukan operasi tradisional pada 18 Agustus.

"Karena tumornya sangat besar, seluruh saluran usus dikompres dan diratakan sehingga memberi tekanan pada usus dan menyebabkan ovarium pecah. Syukur, tumor tersebut jinak dan pasien tidak memiliki riwayat penyakit sehingga memungkinkan penyembuhan lebih cepat. Pasca-operasi berat badannya turun menjadi 56 kg," kata Prasad.

Pada 2017 tumor dengan bobot 34 Kg berhasil diangkat dari ovarium pasien perempuan di Kota Coimbatore.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement