Selasa 25 Aug 2020 03:13 WIB

Puskesmas Brebes Dukung Pembentukan Rumah Gizi

Rumah Gizi ke depannya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya gizi balita

Red: Gita Amanda
Puskesmas dukung Rumah Zakat inisiasi pembentukan Rumah Gizi.
Foto: Rumah Zakat
Puskesmas dukung Rumah Zakat inisiasi pembentukan Rumah Gizi.

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Untuk menekan angka stunting di Desa Berdaya Kubangsari, Rumah Zakat berencana mendirikan Rumah Gizi sebagai sarana untuk penanganan dan pencegahan kasus stunting di desa secara komprehensif. Usaha yang akan dilakukan oleh Rumah Gizi ke depannya adalah dengan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya gizi bagi balita dan bahaya stunting, memberikan penyuluhan sampai pemberian makanan bergizi untuk anak yang berstatus stunting.

Neni selaku relawan Rumah Zakat melakukan sosialisasi awal tentang rencana pendirian Rumah Gizi ini ke beberapa pihak yang rencananya akan diajak bekerjasama dalam pelaksanaan program-program Rumah Gizi ke depannya. Salah satu pihak yang diberikan sosialisasi dan diajak kerjasama terkait rencana ini adalah Herna Utami, penanggung jawab bagian gizi Puskesmas Cikeusal Kidul.

Baca Juga

Herna sangat antusias dan akan mensupport penuh inisiasi pembentukan Rumah Gizi di Desa Berdaya Kubangsari. Menurut Herna, pihaknya sangat mendukung adanya Rumah Gizi ini karena tujuannya sejalan dengan agenda puskesmas dalam menekan angka stunting di masyarakat.

“Saya sangat mendukung adanya Rumah Gizi dari Rumah Zakat ini, karena sejalan dengan tugas saya dan saya berharap nanti bisa bersinergi,” ungkap Herna.

Herna juga menambahkan, dari hasil pendataan yang dilakukan per Maret 2020 di Desa Kubangsari sendiri ada sekitar 20 anak yang berpotensi terkena stunting. Untuk itu dirinya berharap program dari Rumah Gizi dapat segera direalisasikan untuk membantu penekanan terjadinya stunting.

photo
Rumah Zakat dukung aktivitas Posyandu Nusa Indah Lamaran. - (Rumah Zakat)

Sementara di Brebes, Posyandu Nusa Indah Lamaran akhirnya bisa beraktivitas kembali setelah beberapa bulan hanya melayani balita dan bumil dengan jumlah dan waktu yang terbatas. Posyandu tersebut kembali beraktivitas sesuai protokol Kesehatan.

Antusias warga begitu luar biasa karena hari ini ada kelas ibu hamil dan pemberian vitamin A. Tidak hanya itu, Rumah Zakat pun ikut mensuport kegiatan posyandu tersebut dengan memberikan PMT berupa telur puyuh dan singkong rebus.

"Terima kasih rumah zakat sudah memberikan support PMT," kata Waetun selaku kader Posyandu.

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

  • Samsung
  • Apple
  • Oppo
  • Vivo
  • Xiaomi
  • Huawei
  • Asus
  • Sony
  • Nokia
  • Lenovo
  • Oneplus
  • LG
  • ZTE
  • HTC
  • Meizu
  • Alcatel
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۗ وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِۗ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَاۤرَّ وَالِدَةٌ ۢبِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰلِكَ ۚ فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗوَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 233)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement