Kamis 27 Aug 2020 09:17 WIB

Cegah Stigma Cerai, Arab Saudi Luncurkan Podcast Pelatihan

Podcast pelatihan diluncurkan Arab Saudi untuk mencegah stigma cerai.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Cegah Stigma Cerai, Arab Saudi Luncurkan Podcast Pelatihan. Foto: Perceraian/ilustrasi
Foto: familylawyerblog.org
Cegah Stigma Cerai, Arab Saudi Luncurkan Podcast Pelatihan. Foto: Perceraian/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Tingkat perceraian di Kerajaan Arab Saudi mulai naik segera setelah lockdown dan kehidupan mulai kembali normal. Untuk mencegah stigmatisasi perceraian, Arab Saudi luncurkan podcast yang membahas tentang pelatihan pascaperceraian.

Dilansir di Arab News, Kamis (27/8), berdasarkan laporan terbaru oleh Kementerian Kehakiman Saudi,  pada Juni 2020 sebanyak 4.079 surat cerai dikeluarkan di Arab Saudi. Jumlah itu 30 kali lipat lebih banyak dari 134 yang diberikan pada bulan April ketika pihak berwenang mulai menerapkan pembatasan pergerakan yang ketat.

Baca Juga

Lonjakan tiba-tiba itu disebut ekstrem, tetapi mencerminkan peningkatan dramatis dalam tingkat perceraian di Kerajaan Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir. Menyoroti masalah ini, seorang wirausaha sosial dan pelatih perceraian Saudi meluncurkan sebuah proyek untuk membantu orang mengatasi apa yang dia gambarkan sebagai rasa malu dan stigma yang terkait dengan putus pernikahan.

Pelatih Ghazal Hashim memulai podcast "Turn the Page" pada tahun 2017 dengan seorang teman, spesialis pendidikan Basma Bushnak.