Kamis 27 Aug 2020 16:14 WIB

Menkes Terawan Minta Poltekkes Manado Jadi Institut

Poltekkes Manado diminta Terawan jadi institut.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Menkes Terawan Minta Poltekkes Manado Jadi Institut. Foto: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Foto: ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Menkes Terawan Minta Poltekkes Manado Jadi Institut. Foto: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto meminta agar Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Manado ditingkatkan statusnya menjadi sebuah institut. Menurut dia, lulusan sarjana kesehatan yang berada di bawah Kemenkes kini sudah menjadi sebuah tuntutan pasar.

"Tolong sekali lagi sikapi untuk menjadi sebuah institut. Dan ini merupakan keinginan pasar. Sebab semuanya harus menjadi S1. Keperawatan pun harus S1. Seperti di Abu Dhabi ada juga permintaan juga menyangkut keperawatan S1," ujar Menkes Terawan saat memberikan sambutan di Poltekkes Kemenkes Manado, Selasa (25/8).

Baca Juga

Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Terawan menegaskan bahwa perubahan Poltekkes menjadi institut merupakan sebuah keharusan. "Kalau tidak maka tidak berkembang. Supaya lulusan S1-nya menjadi kuat. Kalau lulusan S1-nya sudah kuat maka tidak usah takut kelebihan lulusan. Kalau kelebihan ya tinggal ekspor," ucapnya.

Dengan adanya perubahan status itu, menutut dia, maka kualitas SDM tenaga medis yang dihasilkan akan semakin berkualitas dan profesional. "Kalau kelebihan ekspor, itu bagus. Kita mengekspor tenaga kerja yang betul-betul baik, berstandar baik dan diakui dunia," ujar dokter penemu metode cuci otak ini.