Jumat 28 Aug 2020 21:17 WIB

BPP Gebang Didaulat Jadi Role Model Kostratani Nasional

BPP Kostratani Gebang telah berbasis IT dan tersambung ke AWR Kementan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah (kanan) mendampingi kunjungan kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo di Malang, Jatim
Foto: Kementan
Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah (kanan) mendampingi kunjungan kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo di Malang, Jatim

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Gebang di Kabupaten Cirebon didaulat Kementerian Pertanian RI sebagai role model nasional BPP KostraTani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) atas rekomendasi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Selain berbasis teknologi informasi (IT) terhubung ke pusat data pertanian di Jakarta, Agriculture War Room (AWR), BPP Gebang juga dinilai telah melaksanakan lima tugas, fungsi dan peran BPP KostraTani.

"Hal itu sesuai instruksi Mentan Syahrul Yasin Limpo bahwa BPP melaksanakan peran KostraTani sebagai pusat data dan pusat gerakan pembangunan pertanian, sehingga dapat mendukung petani meningkatkan produktifitas pertanian," kata Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan - Pusluhtan BPPSDMP, I Wayan Ediana di Cirebon via pesan singkat, Kamis petang (27/8).

Menurut Wayan, dia bersama tim dari Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) khususnya Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan menyiapkan peluncuran KostraTani Jabar, dijadwalkan berlangsung di Kabupaten Bandung Barat. Peluncuran akan dilakukan oleh Kabadan Dedi Nursyamsi bersama Gubernur Ridwan Kamil, hari ini (28/8).