Ahad 30 Aug 2020 03:47 WIB

Cek Kesiapan Bioskop, Wagub Ariza Minta Protokol Ditaati

Wagub DKI mengecek persiapan pembukaan bioskop di PGC.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pembukaan bioskop (Ilustrasi)
Foto: Republika
Pembukaan bioskop (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berkesempatan meninjau sejumlah persiapan Bioskop di Jakarta yang rencananya akan dibuka kembali. Dalam tinjauannya, Ia menegaskan saat nanti dibuka kembali, Bioskop-bioskop di Jakarta diharuskan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Hal tersebut disampaikan Wagub Ariza di Bioskop XXI Cinema di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Sabtu (29/8). "Untuk fasilitas pendukung pencegahan Covid-19, kita minta setiap pengelola bioskop menyiapkan protokol kesehatan," kata dia.

 

Persiapan protokol tersebut, lanjut Ariza, sapaan akrabnya, berupa QR Code, wastafel cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, traffic pengunjung juga harus diatur, petugas bioskop diminta menggunakan masker, face shield, penjagaan jarak harus diatur dan mengenakan sarung tangan.

Baca Juga

"Alhamdulillah hari ini saat kita lihat langsung ke lokasi telah dipersiapkan. Semoga ini terus konsisten dijalankan," ujar Ariza.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Ariza juga melihat langsung simulasi dan konsep protokol kesehatan yang akan diterapkan oleh manajemen XXI Cinema saat beroperasi kembali nantinya. Mulai dari pintu masuk utama gedung XXI hingga memasuki studio. Menurutnya, salah satu alasan bioskop akan dibuka karena konsep penanganan pengunjung bisa dikelola dengan lebih disiplin.

Menurut dia, kalau di bioskop pengunjung akan menghadap ke satu arah karena belum tentu saling mengenal dengan semuanya, sementara kalau di restoran dan perkantoran pasti akan saling berhadap-hadapan karena saling mengenal.

"Sehingga potensi penyebaran di bioskop menjadi lebih kecil, karena potensi saling bicara juga tidak diizinkan," katanya menambahkan.

Wagub Ariza pun mengimbau agar pihak pengelola Bioskop harus memperhatikan dan memastikan sirkulasi udara di dalam studio/ruangan menonton. Ia juga telah meminta pihak pengelola bioskop, khususnya di XXI Cinema PGC untuk selalu rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik bagi pekerja maupun pengunjung, jika beroperasi kembali nanti.

"Semoga (nanti) kita bisa membuka kegiatan ini dengan baik sebagai sarana hiburan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Harapannya, simulasi penerapan protokol kesehatan di bioskop ini bisa berjalan dengan baik dan secepatnya bisa dibuka untuk warga," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya