Ahad 30 Aug 2020 11:08 WIB

Yoshihide Suga Muncul Sebagai Calon Kuat Pengganti Abe

Yoshihide Suga digadang-gadang jadi calon kuat pengganti Shinzo Abe

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Yoshihide Suga digadang-gadang jadi calon kuat pengganti Shinzo Abe. Ilustrasi.
Foto: ajw.asahi.com
Yoshihide Suga digadang-gadang jadi calon kuat pengganti Shinzo Abe. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Letnan lama mantan perdana menteri Shinzo Abe, Yoshihide Suga, digadang-gadang menjadi pesaing kuat untuk menggantikan Abe sebagai PM Jepang. Abe merupakan PM yang paling lama menjabat di Jepang. Dia mengundurkan diri pada Jumat (28/8) akibat kondisi kesehatan yang memburuk.

Pengunduran itu memicu pemilihan umum (pemilu) internal untuk memilih ketua Partai Demokrat Liberal (LDP). Saat beberapa orang telah mendeklarasikan niatnya untuk maju dalam pencalonan ketua LDP, Suga sebenarnya mengaku tidak ingin jabatan itu. Namun komentar itu mendapat tanggapan dari media dalam beberapa hari terakhir sehingga dia menjadi sorotan publik.

Baca Juga

"Mereka benar-benar akan mencoba membuat Suga menggantikan Abe dan melanjutkan pemerintahan Abe tanpa Abe," kata profesor ilmu politik Universitas Sophia, Koichi Nakano.

Dalam wawancara dengan Reuters pekan ini, Suga menekankan perlunya memacu pertumbuhan ekonomi melalui pengetatan pembatasan untuk menahan virus. Dia menunjuk pada kebutuhan untuk mempromosikan pariwisata.